Situs Resmi Desa Sekar Putih

Sejarah

Sejarah

NAMA DESA SEKAR PUTIH Menurut cerita dari Bapak Nursalim sesepuh asli Desa Sekar Putih, beliau berpendapat bahwa nama desanya seharusnya bukan Sekar Putih tapi Kar Putih. Mengenai hal ini Pak Nursalim sempat menanyakan tentang  asal-usul nama Desanya kepada Bapak Mahfud selaku Kepala Desa pertama, beliau (bapak mahfud) menuturkan bahwa nama Desa Kar Putih di dapat dari cerita sesepuh Desa Kar Putih yang dulu. Dikisahkan bahwa ada sesepuh dari dusun bendo melihat Harimau Putih yang melompati sungai dari desa sebelah (desa pekangkungan–dusun macan putih) ke area sebuah desa yang lain lalu berhenti dan mencakar-cakar tanah (Kar-karan).

Dusun Macan Putih – Desa Pekangkungan

Dari kejadian tersebut, sesepuh desa bendo kemudian menceritakanya kepada masyarakat sekitar dan akhirnya seiring berjalanya waktu, desa tersebut dinamakan Desa Kar Putih (harimau putih mencakar-cakar tanah).

Cerita tersebut sangat relevan dikarenakan di seberang desa Kar Putih (Sekarang Sekarputih) ada sebuah dusun bernama dusun Macan Putih (masuk lingkup Desa Pekangkungan). Cerita ini bertujuan sebagai pengetahuan tambahan bagi semua masyarakat sekitar khususnya warga Desa Sekar Putih untuk bisa lebih mengenal desanya sehingga bisa menumbuhkan rasa cinta untuk selalu menjaga, merawat dan menciptakan kehidupan bermasyarakat dengan nilai-nilai luhur sesuai amanah para leluhur pendahulu desa dulu.

Desa Sekarputih merupakan salah satu desa  yang terletak wilayah administrasi Kecamatan Gondangwetan Kabupaten Pasuruan. Sejak berdirinya telah mengalami masa kepemimpinan Kepala Desa dari periode ke periode yang melalui proses demokratis. Adapun masa kepemimpinan Kepala Desa dijelaskan dalam tabel di bawah ini :

Add Comment